Senin, 25 Juli 2011

3 Rahasia Pidato Yang Berpengaruh (bagian 1)

Apakah pidato Anda berpengaruh atau tidak, salah satu ciri paling konkrit dan bisa disaksikan pada saat itu juga, saat Anda berpidato, adalah ketika Anda berbicara, pendengar Anda benar-benar fokus menyimak apa yang Anda sampaikan.

Bagaimana untuk melakukan hal ini? Pidato Anda akan berpengaruh bila dalam menyajikannya menghadirkan setidaknya 3 hal.

Pertama, di tinjau dari Anda sendiri
Kedua, di tinjau dari pendengar
Ketiga, dari Isi Materi

Begitu Anda membawakan pidato maka persiapan yang harus Anda matangkan adalah terdiri dari 3 V. Visual, Verbal, Vokal.

Anda tentu masih ingat apa yang sudah Anda simak pada bagian atas mengenai 3 V- Vokal, visual, Verbal. 3 V ini menjadi pilar dalam menyampaikan pidato.

Semuanya terkait tentang bagaimana manusia bisa menyerap informasi secara maksimal, bagaimana orang bisa tersentuh emosinya, dsb.

a. Vokal
Dari segi vokal yaitu menyangkut intonasi suara. Tinggi dan rendahnya, berirama atau monoton/datar, bahkan diam. Kapan harus diam dan kapan harus mulai bicara lagi, ini pun penting. Tidak mungkin agar orang ikut terbawa suasana sedih anda menyampaikan dengan nada tinggi seperti orasi.

Tidak mungkin untuk membangkitkan semangat anda menyampaikan dengan nada pelan dan lembut. Hal lainnya adalah segi vokal bisa menentukan bosan atau tidaknya audien.

b. Verbal
Segi verbal menyangkut artikulasi suara. Kejelasan pengucapan hurup, pemilihan kata-kata yang tepat dan sesuai untuk pendengar, bahasa yang digunakan, dll.

Beruntung rasanya saya dulu pernah ikut teater di pondok pesantrena Daarut Tauhiid pimpinan Aa gym. Saya mendapat pelajaran tentang artikulasi suara. Meskipun tidak betul-betul menguasai setidaknya saya jadi tahu.

c. Visual
Segi visual mencakup ekspresi tubuh, gerakan badan dan tangan, alat bantu atau media yang digunakan, dll.

Baca Artikel Lainnya :

Terkait Pidato :
Hot News :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar