Rabu, 09 Juni 2010

Contoh Pidato Paska Kelulusan

Contoh pidato ini ber tema Paska Kelulusan
Judul : Menyiapkan Diri memenangkan Dunia Kerja Penuh Persaingan
Judul lainnya periksa di facebook contoh pidato

Contoh pidato ini memberikan gambaran bagaimana dunia kerja sekarang betapa penuh dengan persaingan. Lantas sebagai lulusan SMA bagaimana bisa menyikapinya agar memenangkan persaingan. Apa saja yang perlu dipersiapkan dari sekarang agar menang persaingan kerja.
--------------------------------------------------------------
  1. Judul Pidato : Menyiapkan Diri memenangkan Dunia Kerja Penuh
    Persaingan
  2. Judul Pidato : Seberapa Besar Cita-citamu Menentukan Seberapa Besar Kesuksesanmu
  3. Judul Pidato : Bahaya Mengkonsumsi Narkoba
  4. Judul Pidato : Menerapkan Sopan Santun Sejak Dini
  5. Judul Pidato : Bersiaplah Menghadapi Ujian Nasional
  6. Judul Pidato : Kunci Sukses Meraih Keberhasilan Dunia dan Akherat
  7. Judul Pidato : Persiapan Menghadapi Hidup Penuh Persaingan
  8. Judul Pidato : Manfaat Menerapkan Displin
  9. Judul Pidato : Indahnya Mentaati Tata Tertib Sekolah
  10. Judul Pidato : Menjaga Kebersihan Mencegah Penyakit
--------------------------------------------------------------
Ada siswa yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi ada pulan yang sampai SMA saja dan mau mencari kerja.

Anda mungkin melihat contoh pidato ini lebih cocok untuk siswa SMA yang setelah lulus mau mencari kerja. Tetapi sebenarnya cocok juga bagi siwwa yang akan melanjutkan keperguruan tinggi. Karena saat mau masuk perguruan tinggi pun sudah tentu ada persaingan yang berat.

Inilah contoh pidato yang bisa anda nikmati.

Assalamu alaikum wr.wb.

Bapak-ibu guru yang saya hormati
Anak-anakku seluruh siswa SMA Negeri 8 Sukabumi yang bapak banggakan

Puji dan syukur pertama-tama marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Bapak sangat senang jika nanti setelah ujian nasional ternyata kalian lulus semua. Kami tidak mengharapkan dan tidak mau mendengar ada salah satu pun dari kalian yang tidak lulus ujian nasional.

Bapak mengharapkan juga nanti kalian bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Kalau pun mau mencari kerja maka kalian bisa di terima kerja ditempat yang cocok dengan kalian dan mendapatkan gaji besar.

Tetapi mungkin kalian harus mulai menyadari bahwa saat ini persaingan kerja semakin ketat. Empat puluh lima juta orang saat ini menganggur dan sudah tentu mereka pun berusaha untuk mendapatkan pekerjaan.

Anak-anakku seluruh siswa SMA Negeri 8 Sukabumi yang bapak cintai.
Sekali lagi, kenyataan ini harus membuat kalian semua mulai membuka mata dan mempersiapkan diri untuk memenangkan persaingan ini.

Supaya bisa mengikuti laju persaingan dunia kerja yang makin pesat, ada baiknya kalian perhatikan beberapa tips di bawah ini :

1. Mengalir seperti air
Kemampuan beradaptasi sangat dibutuhkan dalam dunia kerja yang makin kompetitif. Jika prioritas berubah dan kalian meminta untuk menangani proyek baru jangan ragu-ragu untuk mengembangkan diri ini. Ingat jika Anda fleksibel maka akan diterima di mana saja.

2. Carilah kebenaran
Jangan takut bertanya sebanyak mungkin. Jika kalian diberi pekerjaan berat tanpa peringatan terlebih dahulu, tanyakan dead line, apa yang bisa Anda dapat, dan tujuan secara keseluruhan.

3. Prioritas strategi
Ambil waktu sejenak membuat rencana yang tepat sebelum kalian mengerjakan suatu proyek. Berpikir secara teknis dapat membangun `jaringan peta' yang tepat. kalian bisa memperhitungkan kendala yang akan dihadapi sehingga bisa mengatasinya. Rencana yang baik menyebabkan kalian tetap fokus sampai akhir tujuan.

4. Jangan menunda-nunda
Mengkhawatirkan pekerjaan tanpa bertindak tidak akan menyelesaikan pekerjaan kalian. Jangan tunda lagi untuk mengerjakan tugas-tugas kalian. Langkah ini akan mengurangi stres di tempat kerja.

5. Istirahat
Bekerja terus menerus juga tidak baik. Istirahatlah sejenak meski hanya sekedar meregangkan tubuh atau berjalan-jalan di sekeliling kantor selama lima menit untuk melemaskan kaki dan menyegarkan pikiran. Jika kalian tidak bisa meninggalkan meja kalian, cukup tutup mata, ambil napas dalam-dalam dan coba kosongkan pikiran kalian untuk beberapa saat.

6.Tetap tenang
Siapapun orangnya pasti akan merasa tertekan. Jika pekerjaan menumpuk, bagaimanapun, berusahalah agar tetap tenang. Bersikap panik, pekerjaan akan semakin sulit. Berbicaralah sebelum bertindak dan jangan terpengaruh oleh sikap rekan kerja yang buruk.

7. Mintalah bantuan
Jika kalian menemui kesulitan dalam bekerja jangan ragu untuk minta bantuan. Pilihlah mana pekerjaan yang bisa diwakilkan. Kalian juga sebaiknya minta nasihat pada atasan. Dengan senang hati ia akan membantu daripada hasil kerja kalian nanti tidak beres.

8. Tinjau kembali tujuan kerja
Selalu tengok kembali secara berkali tujuan kalian. Ini untuk mengingat bahwa ada tujuan yang harus tercapai, sehingga motivasi kerja tetap terjaga.

9. Evaluasi
Setelah dead line atau menyelesaikan suatu proyek yang cukup menguras otak buat evaluasi hasil kerja kalian itu. Faktor-faktor apa, jka ada, yang membuat kalian tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Jika faktornya menyangkut kerja tim pikirkan bagaimana kalian akan mengkomunikasikan hal ini secara efektif dengan rekan kerja. Evaluasi akan membuat kalian lebih siap dalam menghadapi tantangan berikutnya.

10. Bantulah rekan kerja
Jika rekan kerja mempunyai pekerjaan menggunung sementara kalian sudah selesai deadline jangan segan-segan untuk menawarkan bantuan pada rekan kerja kalian. Siapa tahu, lain kali kalian yang membutuhkan bantuan.

Semoga kalian suatu saat nanti ditempat kerja, kalian semakin dipercaya oleh atasan dan mampu memenangkan persaingan kerja. Sekian dulu dari bapak. Semoga apa yang bapak sampaikan dapat bermanfaat buat kalian semua. Mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan.

Wassalamu 'alaikum wr.wb.

Pilih lagi contoh pidatonya di daftar contoh pidato

2 komentar:

  1. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat sekali.
    Jangan lupa untuk mengunjungi website kami di
    http://www.agungdrumband.com/

    BalasHapus
  2. Terima kasih, semoga saya sukses

    BalasHapus