Beli Buku Sekarang---Daftar Isi---Gabung Di FB---Judul Pidato---Tips Pidato Memukau---Pidato Gratis
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Inilah Pidato Upacara yang Berdaya Gugah?Klik sekarang disini
---------------------------------------------------------

Sekarang Bantu Seorang Teman Dapatkan Pidato Terbaru, Tulis Email Anda Disini!

Minggu, 22 Mei 2011

Persiapan Diri Menghadapi Pengaruh Globalisasi

Tema Pidato : Globalisasi
Judul : Persiapan Diri Menghadapi Pengaruh Globalisasi


Assalamu’alaikum Wr Wb
Yang terhormat kepala sekolah
Yang saya hormati Bapak/Ibu Guru serta staf Tata Usaha
Dan Anak-anak ku seluruh Siswa SMKN 27 Bekasi

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan nikmat-Nya sehingga kita dapat berkumpul disini dalam keadaan sehat.

Globalisasi kenyataannya saat ini sudah tidak bisa kita hindari lagi dan siap atau tidak siap kita semua harus menghadapinya.

Kemudian muncul di benak kita apakah globalisasi sangat berpengaruh dalam kehidupan kita? Jawaban dari pertanyaan inilah yang mungkin pertama-tama harus kita pahami bersama. Kita semua berharap pada kesempatan kali ini bisa mulai mengukur, seberapa besar pengaruh globalisasi kepada hidup kita.

Anak-anak ku semua yang bapak cintai

Pada kesempatan kali ini, bapak ingin mengajak semua untuk melihat beberapa perubahan pola hidup akibat pengaruh globalisasi.

Di abad ke 21 ini, globalisasi tidak bisa dihalang-halangi lagi. Globalisasi, berarti proses yang mendunia. Akan terlihat sekali terjadinya persaingan bebas antar negara-negara di dunia. Kita akan melihat betapa ketatnya persaingan ekonomi. Orang atau perusahaan dari negara lain bebas berjualan di negara kita.

Lihatlah!dari satu aspek ini saja, sekarang kita sudah melihat dampaknya. Mobil luar negeri berjajar memacetkan jalan. Pabrik-pabrik negara asing tumbuh dimana-mana. Produk-produk rumah tangga mulai alat dapur sampai sikat gigi dan alat mandi merupakan produk asing.

Semua aspek kehidupan merasakan pengaruh globalisasi. Di bidang transportasi. Setiap hari kita dapat melihat seluruh jalan raya dipadati oleh berbagai jenis kendaraan bermotor. Contohnya mobil. Padahal, sebelum mobil ditemukan, biasanya orang akan berjalan kaki untuk menempuh suatu perjalanan, bahkan yang sangat panjang sekalipun.

Di bidang telekomunikasi apalagi, saat ini hampir semua orang memiliki handphone. Masing-masing bahkan ada yang punya dua buah. Selain handphone, yang tak kalah penting adalah internet. Kehadiran internet ini menjadikan globalisasi makin dahsyat lagi. Siapapun tidak bisa membatasi komunikasi dan transaksi dengan negara manapun.

Kehadiran internet ini kemudian mengharuskan kita untuk memiliki komputer yang dilengkapi dengan jaringan agar internet bisa digunakan.

Di bidang kuliner, pengaruh globalisasi juga cukup besar. Makanan khas Barat menjadi sangat populer di seluruh dunia. Contohnya Pizza Hut, KFC, CFC, Hoka Hoka Bento, dan sebagainya. Hal ini menyebabkan makanan khas dalam negeri menjadi kurang diminati. Bahkan untuk memesan belanja atau makanan ternyata orang cukup mijit angka dan angkat telpon dan barang pun tiba di rumah.

Di bidang fashion juga tak lepas dari pengaruh globalisasi. Saat ini tren yang sangat mendunia adalah dari negara-negara barat. Jika orang Indonesia lebih memilih tren luar negri, siapakah yang akan melestarikan budaya Indonesia?

Bidang olahraga juga merasakan dampaknya. Saat ini seluruh dunia sangat meminati pertandingan sepak bola, basket, bulu tangkis, dan lain sebagainya. Bukan hanya kegiatan olahraganya, alat-alat pendukung pun ikut merasakan dampak globalisasi. Contohnya sepatu. Sepatu menjadi alat pendukung yang sangat penting. Model dan bentuk sepatu pun harus disesuaikan dengan olahraganya.

Di bidang tenaga kerja juga terkena imbasnya, saat ini tenaga asing sudah bisa di peroleh dengan lebih mudah dan jauh lebih murah. Dengan adanya jaringan internet suatu perusahaan bisa mempekerjakan orang lain yang keberadaannya di negara lain tanpa harus meninggalkan negara tersebut. Terjadi proses kerja jarak jauh.

Makanya tidak heran kalau sekarang Anda sudah melihat kursus jarak jauh, kuliah jarak jauh, home schooling, dll.

Lihatlah, beberapa aspek tadi sudah tidak bisa lepas dari pengaruh lobalisasi. Maka tidak heran globalisasi sangat berpengaruh pada seluruh aspek kehidupan.

Kita semua sekarang sudah melihat dan mengukur sejauh mana pengaruh globalisasi ini. Bagaimana sikap kita?

Anak-anak ku semua yang bapak banggakan
Dalam kondisi apapun kita diajarkan harus bisa mengambil nilai-nilai positif dan membuang nilai-nilai negatifnya.

Cara sederhananya, misalnya, dengan menyeleksi budaya asing yang masuk ke dalam negera kita. Kita harus bisa memilih budaya yang baik, yang tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada. Budaya dalam negeri adalah ciri khas negeri kita sendiri, yang harus kita jaga.

Kita juga sudah harus bisa memanfaatkan internet secara optimal. Pengaruh internet ada yang positif ada yang negatif, tugas kita adalah selektif jangan sampai terbawa pengaruh negatif.

Jadi ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menghadapi pengaruh globalisasi. Kita boleh merasakan pengaruhnya, namun kita harus mengambil dampak positifnya, dan membuang dampak negatifnya. Di tengah ketatnya persaingan akibat globalisasi ini melahirkan juga banyak peluang. Yang kita butuhkan mulai saat ini adalah persiapan diri dengan berbagai kemampuan.

Hadirnya globalisasi yang mempengaruhi berbagai aspek kehidupan selayaknya kita kihat sebagai suatu peluang untuk membuat diri kita lebih cepat meraih keberhasilan dan lebih cepat membawa perubahan lebih cepat buat negara kita dari negara berkembang menjadi negara maju. KIta dipandangb oleh negara lain adalah singa asia maka jadikanlah supaya singa asia mengaum lagi.

Demikianlah pidato yang dapat bapak sampaikan apabila ada kesalahan dalam bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamu’alaikum WrWb

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar