Beli Buku Sekarang---Daftar Isi---Gabung Di FB---Judul Pidato---Tips Pidato Memukau---Pidato Gratis
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Inilah Pidato Upacara yang Berdaya Gugah?Klik sekarang disini
---------------------------------------------------------

Sekarang Bantu Seorang Teman Dapatkan Pidato Terbaru, Tulis Email Anda Disini!

Jumat, 27 Mei 2011

Menyiapkan Diri Memenangkan Dunia Kerja Penuh Persaingan

Tema pidato : Kemana Setelah Lulus Sekolah | Paska Kelulusan
Judul pidato : Menyiapkan Diri memenangkan Dunia Kerja Penuh Persaingan
Pelaku pidato : Kepala Sekolah

Assalamu alaikum wr.wb.

Bapak-ibu guru yang saya hormati
Bapak-Ibu Staf Tata Usaha yang saya hormati
Anak-anakku seluruh siswa SMA Negeri 8 Sukabumi yang bapak banggakan

Puji dan syukur pertama-tama marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat wal’afiat.

Bapak sangat senang jika nanti setelah ujian nasional ternyata kalian lulus semua. Kami tidak mengharapkan dan tidak mau mendengar ada salah satu pun dari kalian yang tidak lulus ujian nasional. Detik-detik menegangkan ini tentu akan menjadi babap baru buat kalian semua menapaki kehidupan yang sesungguhnya.

Bapak mengharapkan juga nanti kalian bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Kalau pun mau mencari kerja maka kalian bisa di terima kerja ditempat yang cocok dengan kalian dan mendapatkan gaji besar.

Tetapi mungkin kalian harus mulai menyadari bahwa saat ini persaingan kerja semakin ketat. Empat puluh lima juta orang saat ini menganggur dan sudah tentu mereka pun berusaha untuk mendapatkan pekerjaan.

Anak-anakku seluruh siswa SMA Negeri 8 Sukabumi yang bapak cintai
Sekali lagi, kenyataan ini harus membuat kalian semua mulai membuka mata dan mempersiapkan diri untuk memenangkan persaingan ini.

Supaya bisa mengikuti laju persaingan dunia kerja yang makin pesat, ada baiknya kalian perhatikan beberapa tips di bawah ini :

1. Mengalir seperti air
Kemampuan beradaptasi sangat dibutuhkan dalam dunia kerja yang makin kompetitif. Jika prioritas berubah dan kalian meminta untuk menangani proyek baru jangan ragu-ragu untuk mengembangkan diri ini. Ingat jika Anda fleksibel maka akan diterima di mana saja.

2. Carilah kebenaran
Jangan takut bertanya sebanyak mungkin. Jika kalian diberi pekerjaan berat tanpa peringatan terlebih dahulu, tanyakan dead line, apa yang bisa Anda dapat, dan tujuan secara keseluruhan.

3. Prioritas strategi
Ambil waktu sejenak membuat rencana yang tepat sebelum kalian mengerjakan suatu proyek. Berpikir secara teknis dapat membangun `jaringan peta' yang tepat. kalian bisa memperhitungkan kendala yang akan dihadapi sehingga bisa mengatasinya. Rencana yang baik menyebabkan kalian tetap fokus sampai akhir tujuan.

4. Jangan menunda-nunda
Mengkhawatirkan pekerjaan tanpa bertindak tidak akan menyelesaikan pekerjaan kalian. Jangan tunda lagi untuk mengerjakan tugas-tugas kalian. Langkah ini akan mengurangi stres di tempat kerja.

5. Istirahat
Bekerja terus menerus juga tidak baik. Istirahatlah sejenak meski hanya sekedar meregangkan tubuh atau berjalan-jalan di sekeliling kantor selama lima menit untuk melemaskan kaki dan menyegarkan pikiran. Jika kalian tidak bisa meninggalkan meja kalian, cukup tutup mata, ambil napas dalam-dalam dan coba kosongkan pikiran kalian untuk beberapa saat.

6.Tetap tenang
Siapapun orangnya pasti akan merasa tertekan. Jika pekerjaan menumpuk, bagaimanapun, berusahalah agar tetap tenang. Bersikap panik, pekerjaan akan semakin sulit. Berbicaralah sebelum bertindak dan jangan terpengaruh oleh sikap rekan kerja yang buruk.

7. Mintalah bantuan
Jika kalian menemui kesulitan dalam bekerja jangan ragu untuk minta bantuan. Pilihlah mana pekerjaan yang bisa diwakilkan. Kalian juga sebaiknya minta nasihat pada atasan. Dengan senang hati ia akan membantu daripada hasil kerja kalian nanti tidak beres.

8. Tinjau kembali tujuan kerja
Selalu tengok kembali secara berkali tujuan kalian. Ini untuk mengingat bahwa ada tujuan yang harus tercapai, sehingga motivasi kerja tetap terjaga.

9. Evaluasi
Setelah dead line atau menyelesaikan suatu proyek yang cukup menguras otak buat evaluasi hasil kerja kalian itu. Faktor-faktor apa, jka ada, yang membuat kalian tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu. Jika faktornya menyangkut kerja tim pikirkan bagaimana kalian akan mengkomunikasikan hal ini secara efektif dengan rekan kerja. Evaluasi akan membuat kalian lebih siap dalam menghadapi tantangan berikutnya.

10. Bantulah rekan kerja
Jika rekan kerja mempunyai pekerjaan menggunung sementara kalian sudah selesai deadline jangan segan-segan untuk menawarkan bantuan pada rekan kerja kalian. Siapa tahu, lain kali kalian yang membutuhkan bantuan.

Semoga kalian suatu saat nanti ditempat kerja, kalian semakin dipercaya oleh atasan dan mampu memenangkan persaingan kerja.

Semoga saja suatu saat nanti kami mendengar dan menyaksikan kalian menjadi orang-orang yang berhasil, menjadi orang-orang yang membanggakan buat sekolah ini dan tentu buat orang tua kalian.

Sekian dulu dari bapak. Semoga apa yang bapak sampaikan dapat bermanfaat buat kalian semua. Mohon maaf jika ada kata-kata yang tidak berkenan.

Wassalamu 'alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar