Beli Buku Sekarang---Daftar Isi---Gabung Di FB---Judul Pidato---Tips Pidato Memukau---Pidato Gratis
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Inilah Pidato Upacara yang Berdaya Gugah?Klik sekarang disini
---------------------------------------------------------

Sekarang Bantu Seorang Teman Dapatkan Pidato Terbaru, Tulis Email Anda Disini!

Jumat, 27 Mei 2011

Indahnya Memiliki Sopan Santun

Tema Pidato : Perilaku Terpuji | Etika
Judul pidato : Indahnya Memiliki Sopan Santun
Pelaku Pidato : Bapak Guru

Assalamu alaikum wr.wb.

Bapak Kepala Sekolah yang kami hormati
Bapak-ibu guru yang kami hormati
Anak-anakku seluruh siswa SMA Negeri 18 Sukabumi yang bapak banggakan

Assalamu Alaikum wr. wb.
Segala puji bagi Allah yang menguasai seluruh alam. Sholawat dan salam semoga tetap dicurahkan kepada penghulu semua utusan, penghulu dan pimpinan kita, Nabi Muhammad Saw. , kepada keluarga, sahabat dan umatnya hingga akhir jaman.

Kepala Sekolah yang kami hormati, Ibu dan bapak guru yang kami hormati. Dan seluruh anak-anak ku siswa SMA Negeri 18 Sukabumi, yang bapak sayangi.
Setiap orang akan sangat merasa senang ketika ada orang berbuat sangat sopan kepada kita. Kata-katanya tidak kasar dan tidak menyakitkan, perbuatannya tidak menyebalkan, enak di ajak berteman, tidak merasa diri lebih pintar atau kaya, dirinya sangat menghargai kita.

Juga sebaliknya, siapapun akan sangat merasa sangat tidak suka kepada orang yang berprilaku tidak sopan. Kata-katanya kasar, suka menghina atau merendahkan, petantang-petenteng. Ketika lewat jangankan permisi mengucapkan kata basa-basi atau menyapa pun tidak.

Mana yang akan kita pilih diantara dua sikap tadi. Menjadi disukai orang atau tidak disukai siapapun. Semua tergantung sopan santun kita.

Kalian tentu sudah di ajarkan baik di sekolah ini, di rumah atau pun di tempat kalian mengaji mengenai pentingnya berbuat sopan santun terhadap sesama. Bagaimana cara berprilaku sopan santun. Kepada siapa saja dan kapan saja. Kepada guru, teman, orang yang lebih muda, orang yang lebih tua atau kepada yang usianya sebaya dengan kalian.

Semakin orang bebuat sopan maka mereka akan semakin di hargai. Tentu siapapun sangat senang memiliki teman yang sopan karena mereka merasa sangat dihargai. Orang yang sopan tahu bagaimana menghargai sesama dan siapapun.

Anak-anak ku siswa SMA Negeri 18 Sukabumi, yang bapak banggakan...
Kita sebagai warga negara Indonesia sudah tahu bahwa kita adalah bangsa yang memiliki adat ketimuran yang salah satu cirinya memiliki budaya sopan santun. Budaya sopan santun ini tentu harus diterapkan dimana saja, kapan saja dan kepada siapa saja.

Sopan santun harus kita lakukan di sekolah, ditempat umum, ditempat bergaul, dan dimana saja. Sopan santun harus dilakukan kepada siapa pun. Kita harus sopan kepada guru kita di sekolah , kepada guru ngaji kita, kepada ayah dan ibu kita, kepada kakak kita maupun kepada adik kita. Juga kita harus sopan juga kepada sesama seusia kita.

Anak-anak ku semua yang bapak banggakan..
Seperti apakah pribadi yang sopan santun? Pribadi sopan santun itu adalah sikap seseorang terhadap apa yang ia lihat, ia rasakan, dan dalam situasi, kondisi apapun.

Sikap santun yaitu baik, hormat, tersenyum, dan taat kepada suatu peraturan. Sikap sopan santun yang benar ialah lebih menonjolkan pribadi yang baik dan menghormati siapa saja. Dari tutur bicara pun orang bisa melihat kesopanan kita.

Misalnya lagi dalam situasi yang ramai dimana kita akan melewati jalan itu, jika kita sopan pasti kita akan mengucapkan kata permisi pak, bu…..dalam berteman pun seperti itu. Orang yang sopan mencoba lebih banyak mendengar dan lebih menghargai pendapat teman walaupun pendapat itu berbeda.

Hati-hatilah! Terkadang sopan santun itu hilang pada diri kita, ketika kita sedang berhadapan dengan orang lain yang menyebalkan.

Contoh kecilnya saja, ketika kita berbelanja di suatu mall, kita bertanya pada si pelayan dengan baik-baik, tapi si pelayan ini malah menjawabnya dengan ketus, apalagi kalau kita menawar-nawat, dan hanya lihat-lihat tapi akhirnya tidak jadi membeli pasti si pelayan itu akan memasang muka ketus dan perkataan tidak enak, padahal pembeli itu kan raja.

Sopan santun dapat dipengaruhi oleh apapun dan hal apa saja. Misalnya sopan santun
yang buruk disebabkan oleh lingkungan yang tidak ada tata tertibnya, individu yang tak pernah mengenal pentingnya kepribadian, kurangnya pengenal sopan santun yang diajarkan oleh orang tua sejak dini, pembawaan diri individu itu sendiri, dan sebagainya.

Kemudian sopan santun yang baik dapat dipengaruhi oleh latar belakang individu itu sendiri. Pendidikan yang cukup, pembawaan diri yang baik terhadap situasi apapun, tutur kata yang dijaga, terkadang faktor keturunan juga dapat mempengaruhi individu tersebut.

Bagaimana nantinya setiap orang memiliki sikap sopan santun tetapi hanya ukurannya saja yang berbeda dan bagaimana kita mengembangkan sikap itu ?!

Di sekolah seperti di dalam kelas, misalnya, dalam situasi guru sedang menjelaskan pelajaran, lalu lebih memperhatikan seseorang yang ada di depan kita. Ini tentu sikap yang kurang sopan.

Dengan menunjukan sikap yang memperhatikan, mendengarkan dengan baik, dan bila bertanya pun harus dengan yang baik, kekurangan individu seseorang secara fisik, akan tertutup rapi dan tidak terlihat jika di bungkus dengan sikap sopan santun nya yang melekat dalam hatinya. Mungkin sifatnya yang begitu berhati emas yang mampu menutupi kekurangannya.

Lalu ketika kalian sedang makan di meja makan semua nasi harus bersih dari apapun. Tidak boleh bunyi, dan harus menggunakan sendok dan garpu, setelah selesai makan sendok dan garpu diletakan secara silang dengan posisi sendok di atas dan garpu di bawah.

Masih banyak lagi pengertian sopan santun yang lebih spesifik dan mudah dimengerti, ini hanya bagian penglihatan saja secara kasat mata. Masih banyak perilaku sopan santun dalam prakteknya. Jadilah orang yang di senangi dan disayangi orang lain.

Jadilah orang yang banyak teman dan disukai siapapun dengan cara memiliki sifat sopan santun ini. Semoga dalam diri kita semua terpatri kerpibadian yang memiliki sopan santun. Begitu indah rasanya memiliki teman seperti kalian untuk di ajak bergaul ketika kalian memiliki sopan santun.

Semoga mulai dari sekarang kalian mulai memikirkan dan memeriksa, apakah kalian sudah memiliki sopan santun. Dengan memiliki sikap sopan santun maka disukai teman.

Sekian yang bisa bapak sampaikan. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Assalamu alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar