Beli Buku Sekarang---Daftar Isi---Gabung Di FB---Judul Pidato---Tips Pidato Memukau---Pidato Gratis
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Inilah Pidato Upacara yang Berdaya Gugah?Klik sekarang disini
---------------------------------------------------------

Sekarang Bantu Seorang Teman Dapatkan Pidato Terbaru, Tulis Email Anda Disini!

Jumat, 27 Mei 2011

Jangan Lengah Menyikapi Pengaruh Tayangan Televisi

Tema pidato : Dampak Televisi
Judul pidato : Jangan Lengah Menyikapi Pengaruh Tayangan Televisi
Pelaku pidato : Ibu Guru

Assalamualaikum wr wb,
Bapak kepala sekolah yang kami hormati
Bapak dan ibu guru yang kami hormati
Bapak dan ibu staf tata usaha yang kami hormati, dan
Anak-anak ku semua Siswa SMKN 8 Jakarta yang ibu cintai

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada tuhan yang maha esa yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, ibu ucapkan banyak terimakasih kepada kalian semua yang tetap semangat dan antusian mengikuti upacara bendera yang sudah rutin kita lakukan setiap hari senin, seperti sekranag ini.

Anak-anak ku semua yang bapak banggakan
Ada sesuatu di dalam rumah kita, msekipun benda mati namun tanpa sadar bisa memberikan pengaruh kepada kita semua. Pengaruh ini bisa positif bisa juga negatif tergantung diri kita yang menggunakannya. Apakah itu? Televisi.

Kalian tentu sudah sangat akrab dengannya, namun mungin diantara kalian ada yang belum menyadari pengaruh dari televisi tersebut. Begitu banyak tayangan berbagai stasiun tetevisi, dengan suguhan tontonan yang bermacam-macam. Dari sini tidak terasa tontonan tersebut bisa berdampak kepada kita. Tentu ada dampak positif dan negatifnya.

Pada kesempatan kali ini, ibu mengajak kalian semua untuk mulai selektif terhadap tayangan yang akan kita tonton.

Beberapa tayangan yang secara sadar atau tidak sadar berpengaruh negatif kepada kita.
Sangat sering berita-berita menyajikan kekerasan, tawuran, pembunuhan dan kriminalitas lainnya. Ini tentu sangat berdampak negatif buat kita. Kekerasan atau kejahatan sepertinya sesuatu yang sangat biasa.

Berita lainnya, seperti perbuatan melawan orang tua, tawuran, pergaulan bebas, jadi bandar narkoba, juga secara tidak langsung sebagian orang ada yang terpengaruh. Bisa jadi karena ia melihat tontonan itu membuat ia terinspirasi untuk melakukannya, sayangnya meniru kejelekan.

Satu hal lagi, seperti tayangan mistis, paranormal, dan perdukunan ini tentu sangat berbahaya kepada akidah kita. Bila pemahaman kita kurang maka bisa jadi kita mempercayai perdukunan. Ini tentu perbuatan syirik menurut agama. Dan syirik adalah dosa yang tidak terampuni. Suatu perbuatan yang menyekutukan Allah.

Tayangan ini sebaiknya kalian hindari. Pilihlah tontonan yang bermanfaat. Banyak pilihan yang bisa kalian nikmati. Tayangan kisah sukses, tayangan musik, tayangan ceramah agama, tayangan yang isinya berbagi dengan seksama, cara masak, tayangan yang menampilkan budaya atau suku-suku di indonesia dan banyak lagi.

Ini tentu lebih membawa manfaat buat kalian semua. Tontonan-tontonan itu bukan hanya bisa menghibur tapi bisa jadi sebagai sumber inspirasi buat kalian untuk melakukan sesuatu yang positif.

Dengan media televisi wawasan dan ilmu pengetahuan kalian dapat berkembang dengan pesat sejalan dengan perkembangan teknologi yang ada.

Selain dari yang sudah disebutkan tadi, banyak hal positif yang dapat diambil dari program tetelvisi ini yakni diantaranya seperti, informasi mengenai berita terkini, ilmu pengetahuan umum, dan lain sebagainya. Kita bisa mengetahui perkembangan yang terjadi untuk negara lain.

Kita hendaknya selalu mengetahui informasi terkini yang terjadi di dunia guna menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.Ini bisa saja kalian gunakan untuk mengembangkan diri dimasa yang akan datang. Ingatlah sebuah kenyataan bahwa dengan informasi manusia dapat menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Di bidang entertainment atau hiburan, hal ini tentu saja berfungsi untuk mengurangi rasa penat atau rasa bosan setelah berjam-jam melakukan belajar.

Anak-anak ku semua yang bapak cintai
Selain dari tontonannya sendiri yang bisa berdampak positif adalah suasannya. Pada saat nonton televisi maka akan terjalin keakraban dengan semua anggota keluarga.

Pengaruh negatifnya, diantaranya adalah malas. Dengan asyik nonton televisi, apalagi acaranya lagi asyik-asyiknya maka biasanya sangat enggan untuk meninggalkannya apalagi tidak ada siaran ulang. Maka daripada belajar ternyata lebih memilih menonton acara sampai selesai. Karena ngantuk akhirnya ketiduran sampai pagi tanpa belajar.

Selain itu, karena kurangnya kontrol diri kadang tidak sedikit orang menjadi lupa waktu. Semoga kalian tidak termasuk seperti ini. Banyak waktu yang terbuang hanya untuk nonton televisi saja.

Marilah kita periksa secara bersama-sama, ternyata setiap hal yang ada di dunia ini pasti memiliki aturan dan pandangan yang berpasangan, baik dan buruk. Begitu pun dengan media televisi. LIhatlah , yang selayaknya digunakan untuk hal yang baik tetapi tetap saja memiliki dampak yang tidak baik bagi sebagian orang.

Maka dari itu, sangatlah penting memiliki kesadaran yang tinggi untuk benar-benar selektif memilih tayangan televisi. Ibu sebagai guru juga sekaligus anak dari nak-anak ibu sangat merasakan sekali masalah ini.

Karenanya, semoga apa yang tadi ibu sampaikan benar-benar menjadi perhatian kalian. Bukan buat orang lain tetapi buat kehidupan kalian di masa depan nanti.

Demikian yang bisa ibu sampaikan pada upacara bendera kali ini, semoga bermanfaat buat kita semua. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamualaikum wr wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar