Beli Buku Sekarang---Daftar Isi---Gabung Di FB---Judul Pidato---Tips Pidato Memukau---Pidato Gratis
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Inilah Pidato Upacara yang Berdaya Gugah?Klik sekarang disini
---------------------------------------------------------

Sekarang Bantu Seorang Teman Dapatkan Pidato Terbaru, Tulis Email Anda Disini!

Rabu, 25 Mei 2011

Kunci Sukses Meraih Keberhasilan Dunia dan Akherat

Tema pidato : Manfaat Ilmu
Judul pidato : Kunci Sukses Meraih Keberhasilan Dunia dan Akherat
(kabarmu.blogspot.com-contoh pidato 118)

Assalamu alaikum wr.wb.

Bapak-ibu guru yang kami hormati
Bapak dan Ibu Staf Tata Usaha yang kami hormati
Anak-anak SMA Negeri 26 Jakarta yang bapak Cintai

Puji dan syukur pertama-tama marilah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal’afiat pada pagi hari yang cerah ini.

Ternyata ada banyak orang-orang, yang bukan hanya remaja tetapi juga para orang tua, yang tidak mengenal apa lagi memahami apa saja bekal hidup sehingga bisa mengatarkan kepada keberhasilan yang gemilang.

Tentu ini sangat menarik untuk kita semua ungkap sebagai bahan pemikiran dan renungan agar kita pun bisa meraih sukses sebagaimana yang kita impikan.

Inilah rahasianya!!

Ada sebuah keterangan "Man aroda dunya fa’alaihi bil ‘ilmi,Man arodal akhiroh fa’alaihi bil ilmi, Wa man aroda huma fa’alaihi bil ‘ilmi Man aroda dunya fa’alaihi bil ‘ilmi, Man arodal akhiroh fa’alaihi bil ilmi, wa man aroda huma fa’alaihi bil ‘ilmi. " (al Hadits)

Siapa yang menginginkan dunia maka harus dengan ilmu, siapa yg menginginkan akhirat maka dengan ilmu, dan barang siapa yang ingin keduanya maka harus dengan ilmu.

Inilah arti dari hadits yang tadi bapak sebutkan. Ilmu adalah kunci untuk mendapatkan dunia dan kunci untuk mendapatkan Akhirat. Untuk membuat kita jadi seimbang dan agar dapat menjalankan fungsi kita sebagai rahmat bagi seluruh alam maka bukan hanya akhirat saja yang kita kejar, dunia pun perlu. Jadi kita harus mengejar dua-duanya. Untuk mengejak keduanya kita memerlukan ilmu.

Anak-anakku yang bapak banggakan
Semua bidang dituntut harus dilandasi dengan keilmuan yang mencukupi jika ingin hasilnya maksimal.

Orang yang berilmu jika dilihat secara materi maka ia tidak ada yang miskin. Orang-orang yang berilmu bisa kita lihat, mereka hidup makmur. Mereka lebih dihargai dibanding orang yang tidak berilmu.

Ilmu Agama adalah ilmu yang utama yang perlu gita gali karena membuat kita semua menjadi terarah, tidak sembrono, dan sekaligus pastinya menjadikan kita paham bahwa semua yang kita lakukan bisa menjadi nilai ibadah.

Seorang berdagang misalnya, tentu ingin mendapatkan untung. Untuk bisa mendapatkan untung maka ia harus menguasai strategi dan hitung-hitungan. Modalnya berapa, harga jualnya berapa, teknik pemasarannya bagaimana, dan lain-lain. Jika ia tidak menguasai ilmunya maka ia akan menemukan kesulitan melakukannya. Seorang pedagang dituntut untuk menguasai ilmunya.

Dalam prakteknya, ini saja tidak cukup. Ia perlu memahami ilmu agama secara khusus bagaimana fikih dagang. Dengan demikian ia menjadi terbimbing.

Dalam melakukan dagannya ia tidak melakukan kecurangan-kecurangan. Dan ketika ia sudah kaya atau berhasil maka ia sadar kewajiban sedekah dan Zakat yang perlu di keluarkan. Ia tidak menjadi kikir dengan kekayaannya itu. Justru hartanya ia jadikan bekal untuk beribadah bukan untuk pamer kekayaan dan sombong.

Banyak cara untuk mendapat ilmu. Ilmu apa saja pasti bermanfaat. 'Tututlah ilmu dari sejak lahir hingga hingga akhir hayat'. Inilah petunjuk Rasulullah SAW untuk kita semua sebagai umatnya.

Jadi apa yang bisa kalian lakukan dalam jangka pendek ini adalah tiada lain belajar dengan baik. Karena inilah masa dimana kalian sedang menuntut ilmu di sekolah ini. Belajarlah yang rajin agar kalian menjadi murid-murid dengan prestasi membanggakan.

Mulai sekarang mari kita betulkan niat kita agar dalam menuntut ilmu selama di sekolah ini dilakukan sungguh-sungguh dan ikhlas. Dengan demikian maka tidak akan ada kabar salah satu dari teman kalian bolos, jadi genk motor, kena kasus narkoba, balapan liar, melawan guru dan orang tua, dan sikap negatif lainnya.

Semoga kalian semua menjadi orang-orang sukses di masa depan. Mohon maaf jika ada kata-kata bapak yang tidak berkenan. Semoga ada manfaatnya buat kalian dan semoga ini menjadi renungan kalian.

Wassalamu 'alaikum wr.wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar