Beli Buku Sekarang---Daftar Isi---Gabung Di FB---Judul Pidato---Tips Pidato Memukau---Pidato Gratis
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Inilah Pidato Upacara yang Berdaya Gugah?Klik sekarang disini
---------------------------------------------------------

Sekarang Bantu Seorang Teman Dapatkan Pidato Terbaru, Tulis Email Anda Disini!

Selasa, 24 Mei 2011

Memilih Teman Bergaul Yang Benar

Tema pidato : Pengaruh lingkungan
Judul pidato: Memilih Teman Bergaul Yang Benar
Pelaku Pidato : Kepala Sekolah
(kabarmu.blogspot.com-Contoh Pidato 156)

Contoh pidato ini bisa Anda lengkapi atau perbaiki sesuai kebutuhan Anda.
---------------------------------
Assalamu'alaikum wr.wb.

Yang Kami hormati bapak dan ibu guru
Yang Kami hormati seluruh staf sekolah
Juga Anak-anak ku sekalian yang Bapak cintai.

Puji syukur hanya bagi Allah yang menguasai seluruh alam. Rahmat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada seorang Nabi yang tidak akan ada Nabi sesudahnya, Nabi Muhammad Saw. , kepada keluarga dan sahabatnya seluruhnya.

Anak-anakku sekalian seluruh siswa SMAN 21 Batam yang bapak cintai....

Coba jawab pertanyaan bapak ini! Siapa yang tahu, apa faktor yang sangat berpengaruh terhadap kalian dimasa yang akan datang?

Salah satu yang sangat mempengaruhi kalian adalah lingkungan dan teman yang merupakan tempat kalian bergaul. Salah bergaul, salah memilih teman maka bisa fatal akibatnya.

Sebagai generasi muda tentu banyak pihak yang sangat berharap kalian semua bisa menjadi tulang punggung bangsa yang bisa di andalkan. Banyak pihak yang sangat mengharapkan kalian suatu saat nanti menjadi orang yang berhasil, baik dalam hal jabatan, keuangan, profesi dan lain sebagainya.

Orang tua kalian, kami semua dari pihak sekolah sangat mengharapkannya. Tidak satu pun orang tua dan sekolah yang menginginkan anaknya menjadi orang gagal.

Kita tahu kejadian yang tragis di waktu lalu, seorang murid di sekolah tetangga melakukan bolos. Ia membawa motor ugal-ugalan dalam kondisi sedang mabuk. Naas ia menabrak mobil kontainer, badannya masuk ke kolong mobil hingga nyawanya tak tertolong lagi.

Satu lagi kabar menyedihkan yang kalian juga sudah tahu bahwa salah satu murid sekolah tetangga meninggal dunia dengan mulut berbusa. Ternyata ia meninggal dunia karena oper dosis.

Apa yang bisa diharapkan oleh orang tua dan sekolah jika terjadi demikian. Pupus sudah semua harapan.

Karena itu bapak mengajak kepada kalian semua Selektif memilih lingkungan dan teman.

Kalian masih muda. Sangat rentan terpengaruh oleh teman dan lingkungan temat kalian bergaul. Kalian tentu sudah mendengar bagaimana seorang anak yang akhirnya menjadi pecandu narkoba, tukang bolos, dan perbuatan negatif lainnya karena salah bergaul.

Tentu kalian sudah mendengar pula kejadian-kejadian yang baru saja bapak ceritakan. Karenanya buka pikiran kalian dan perhatikan yang satu ini untuk kalian yakni hati-hatilah dan pilih-pilih teman dan lingkungan pergaulan kalian.

Pilih teman yang punya semangat, yang berjiwa suport (mendukung). Buang perbuatan sia-sia.

Dan yang terpenting saat ini kalian lakukan adalah karena kalian masih sekolah maka kewajiban kalian saat ini sebagai salah satu tahap menuju keberhasilan adalah belajar yang sungguh-sungguh, melatih kepribadian untuk memiliki sikap dan karakter yang baik, dan memilih teman dan lingkungan pergaulan yang baik.

Demikian apa yang bisa bapak sampaikan pada upacara kali ini, semoga ada manfaatnya. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamu 'Alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar