Beli Buku Sekarang---Daftar Isi---Gabung Di FB---Judul Pidato---Tips Pidato Memukau---Pidato Gratis
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Inilah Pidato Upacara yang Berdaya Gugah?Klik sekarang disini
---------------------------------------------------------

Sekarang Bantu Seorang Teman Dapatkan Pidato Terbaru, Tulis Email Anda Disini!

Selasa, 24 Mei 2011

Tangga Keberhasilan

Tema pidato : Motivasi | Pengembangan diri
Judul pidato: Tangga Keberhasilan
Pelaku Pidato : Kepala Sekolah
(kabarmu.blogspot.com-Contoh Pidato 155)

Contoh pidato ini bisa Anda lengkapi atau perbaiki sesuai kebutuhan Anda.
---------------------------------
Assalamu'alaikum wr.wb.

Yang Kami hormati bapak dan ibu guru
Yang Kami hormati seluruh staf sekolah
Juga Anak-anak ku sekalian yang Bapak cintai.

Puji syukur hanya bagi Allah yang menguasai seluruh alam. Rahmat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada seorang Nabi yang tidak akan ada Nabi sesudahnya, Nabi Muhammad Saw. , kepada keluarga dan sahabatnya seluruhnya.

Anak-anakku sekalian seluruh siswa SMAN 12 Bandung yang bapak cintai....

Boleh angkat tangan siapa diantara kalian yang ingin sukses?

Bapak melihat kalian semua begitu semangat mengangkat tangan. Ini artinya kalian tidak ada satupun yang ingin hidupnya gagal. Semua berharap dalam hidupnya mencapai sukses.

Demikian pula yang bapak harap, yang ibu dan bapak guru harapkan untuk kalian semua. Kalian mudah-mudahan suatu hari nanti bisa menjadi orang-orang yang berhasil. amiin.

Coba perhatikan baik-baik..
Orang yang berhasil hidupnya lebih bahagia dibanding orang yang gagal. Secara materi kebutuhan keluarga tercukupi. lain halnya dengan orang-orang yang gagal. Setiap hari dihimpit kebutuhan. Setiap hari pula dikejar-kejar permasalahan. Tentu kita tidak mau hal ini menimpa kita semua.

Perhatikan pula secara teliti! Ternyata begitu diamati secara prosesnya, mereka yang berhasil pernah melewati masa-masa sulit, masa-masa pahit dan kegagalan. Jalurnya tidak semulus seperti jalan tol. Mereka penuh perjuangan dan pengorbanan. Kini buah manis sudah bisa mereka petik.

Ternyata untuk menjadi berhasil itu tidak datang secara tiba-tiba. Kita harus melakukan tahapan-tahapan dan tindakan tertentu. Dan ini kita lakukan tiap hari karena kesuksesan kita dimasa depan adalah kumpulan dari apa yang kita lakukan hari ini.

Karena itu pula, kalian bisa memprediksi atau memperkirakan sendiri mau apa kalian nanti, berhasil atau gagal hidup kalian nanti bisa kalian amati dari semua yang kalian lakukan setiap harinya, dari hari ini.

Anak-anakku sekalian yang bapak banggakan
Masa muda adalah masa keemasan, kalian beruntung karena bisa mulai mengejar cita-cita kalian mulai hari ini. Perjalanan masih leluasa karenanya rencanakan keberhasilan kalian dari sekarang dan lakukan tindakan untuk mewujudkannya dalam keseharian kalian.

Jangan sia-siakan masa muda kalian dengan hura-hura, narkoba, dan hal negatif lainnya. Bergaullah dengan lingkungan yang baik.

Sekarang bapak ingin memprlihatkan beberapa anak tangga agar kalian mudah-mudahan bisa mencapai keberhasilan seperti yang kalian impikan baik jabatan, kemakmuran, dan sebagainya.

Pertama, beranilah bermimpi.
Secara sederhananya, buat target hidup kalian. Misalnya, pada usia 25 tahun kalian mau punya apa saja, mau jadi apa, mau punya jabatan apa. Beranilah mimpi, tulislah mimpi itu di kertas atau buku. Baca tiap hari dan bawa kemana kalian pergi untuk anda baca.

Jangan hiraukan kepada omongan orang lain yang akan membuat kalian pesimis. Tutup kuping kalian. Semakin sering kalian membaca maka ia akan merasuk ke alam bawah sadar kalian dan akhirnya mimpi kalian akan bekerja untuk kalian secara tidak kalian sadari. Ia akan mensugesti kalian sampai mimpi kalian terwujud.

Kedua, Selektif memilih lingkungan dan teman.
Kalian masih muda. Sangat rentan terpengaruh oleh teman dan lingkungan temat kalian bergaul. Kalian tentu sudah mendengar bagaimana seorang anak yang akhirnya menjadi pecandu narkoba, tukang bolos, dan perbuatan negatif lainnya karena salah bergaul. Hati-hatilah dan pilih-pilih teman dan lingkungan pergaulan kalian.

Pilih teman yang punya semangat, yang berjiwa suport (mendukung). Buang perbuatan sia-sia.

Ketiga, Gali Informasi Sebanyak-banyanya

Banyak sumber yang bisa dijadikan untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan kalian. Bisa dari teman, bisa dari buku, CD, seminar dan lain sebagainya. Sekarang jaman internet, kalian bisa menggali informasi apa saja disana.

Keempat, Bertindak
Sebesar apapun mimpi kita tentu tidak akan pernah bisa tercapai bila kita tidak bertindak. Karenanya melangkahlah terus menuju mimpi itu meskipun terkesan kecil atau sederhana. Kita sedang membangun jaring kesuksesan.

Memang ada yang terlihat berhubungan langsung ada pula yang terkesan apa yang kita lakukan tidak berhubungan. Bisa saja karena bosan kita ternyata melakukan hal lain. Misalnya rekreasi. Ini tidak ada hubungannya secara langsung dengan mimpi anda. Tetapi secara tidak langsung tentu terlihat ini sangat mendukung. Kita menjadi semangat kembali dan jenuh kita menjadi hilang.

Biarkan orang lain berkata apa. Tutup telinga bila itu akan membuat semangat kita turun. Biarkan ia suatu saat hanya menjadi penonton atas sukses yang kita raih.

Dan yang terpenting saat ini kalian lakukan adalah karena kalian masih sekolah maka kewajiban kalian saat ini sebagai salah satu tahap menuju keberhasilan adalah belajar yang sungguh-sungguh, melatih kepribadian untuk memiliki sikap dan karakter yang baik, dan memilih teman dan lingkungan pergaulan yang baik.

Demikian apa yang bisa bapak sampaikan pada upacara kali ini, semoga ada manfaatnya. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamu 'Alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar