Beli Buku Sekarang---Daftar Isi---Gabung Di FB---Judul Pidato---Tips Pidato Memukau---Pidato Gratis
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Inilah Pidato Upacara yang Berdaya Gugah?Klik sekarang disini
---------------------------------------------------------

Sekarang Bantu Seorang Teman Dapatkan Pidato Terbaru, Tulis Email Anda Disini!

Selasa, 24 Mei 2011

Kita Harus Mandiri

Tema pidato : Motivasi | Pengembangan diri
Judul pidato : Kita Harus Mandiri
Pelaku Pidato : Guru


Assalamu'alaikum wr.wb.

Yang kami hormati bapak kepala sekolah.
Yang Kami hormati bapak/ ibu guru.
Yang kami hormati bapak/ibu staf tata usaha
Yang Bapak Cintai anak-anakku siswa SMAN 1 Garut

Pertama-tama kami sangat bersyukur kepada Tuhan Yang maka esa atas curahan rahmat-Nya yang diberikan kepada kita, sehingga pada kesempatan yang baik ini kita dapat berkumpul, ber-muwajahah di tempat ini, ditempat yang berbahagia ini.

Anak-anak ku yang yang bapak cintai..
Kita tahu bahwa masa muda masa yang sangat labil. Mudah dipengaruhi oleh banyak faktor, baik positif maupun negatif. Kenyataan yang memprihatinkan justru faktor negatiflah yang lebih cepat diserap oleh sebagian dari orang-orang seusia kalian. Ini tentu berakibat buruk terhadap kehidupan dimasa yang akan datang.

Coba kita buka lagi ingatan kita, diberbagai media baik media cetak maupun elektronik, juga dalam kehidupan sehari-hari ini menunjukkan tingkah laku mereka sangat tidak terpuji. Mereka ada yang hamil diluar nikah, ada yang ikut geng motor, ada yang suka bolos sekolah, ada yang jadi pecandu narkoba dan lain sebagainya. Sehingga generasi kita tercoreng oleh tingkah segelintir dari generasi muda yang tidak bertanggung jawab.

Anak-anakku yang bapak banggakan......
Kalian sebagai generasi muda yang masih diberi kesadaran kiranya untuk selalu saling mengingatkan akan bahaya-bahaya pergaulan bebas di atas, pergaulan negatif di atas.

Jangan sampai kalian terbawa arus dan menjadi korban tetapi kalian sendiri tidak merasa sudah menjadi korban.

Kiranya sudah bukan saatnya lagi kita mudah tergoda dan terbujuk, bukan saatnya lagi kita tidak punya pendirian. Kita harus menyadari hidup yang sekali ini harus dimanfaatkan secara baik-baik. Jangan sampai kita menyianyiakan masa muda ini yang kemudian menyesal dimasa tua.

Kita harus punya prinsip dalam hidup, kita harus mandiri dan mampu membawa diri sehingga bukan kita yang menjadi korban jaman, bukan kita yang menjadi korban lingkungan. Tetapi mari kita menjadi generasi yang justru mampu membawa perubahan bagi masyarakat.

Sebagai generasi muda, banyak potensi yang bisa kita kembangkan. Banyak potensi yang bisa kita optimalkan. Bukan untuk siapa-siapa melainkan untuk kita sendiri. Untuk kebaikan kita dimasa yang akan datang.

Anak-anak ku yang bapak sayangi...
Marilah sudah saatnya kita sebagai generasi muda untuk bangkit dari tidur dan menunjukkan kepada dunia bahwa kita pun mampu. Kita punya sesuatu yang berharga yang patut diperhitungkan. Kita pastikan bahwa kita bukan generasi sampah yang bisanya hanya menjadi beban orang tua dan beban lingkungan.

Ada beberapa langkah sederhana yang bisa kita lakukan mulai dari sekarang :

Pertama, sekuat tenaga kita belajar yang rajin dan tunjukkan kepada orang tua bahwa kita pun mampu meraih nilai yang terbaik.

Kedua, sekuat tenaga tidak terbawa pengaruh oleh teman-teman kita yang lain yang senangnya membolos karena suatu saat mereka akan merasakan sendiri akibatnya. Bisa jadi anaknya nanti akan seperti mereka, susah di atur dan melawan orang tua sebagaimana yang mereka lakukan saat ini. tentu ini tidak kita harapkan.

Ketiga, Berapa pun kita dikasih ongkos maka sekuat tenaga untuk bisa mengatur sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab dan kesadaran. Jangan pernah UNIKO-usaha nipu kolot. Karena ini biang yang membuat kita tidak mendapat berkah dimasa yang akan datang.

Keempat, cari teman gaul dan tempat gaul yang positif baik di sekolah maupun di luar sekolah. Pergaulan kita akan membentuk karakter kita secara perlahan.

Sebagai pelajar barangkali empat langkah sederhana ini bisa coba kalian praktekkan mulai saat ini. Kita menentukan nasib kita dimasa depan. Karenanya bapak berpesan kepada semuanya marilah kita manfaatkan masa muda ini sebaik-baiknya agar masa depan kita cerah, secerah matahari yang selalu menebar cahaya.

Demikian yang bisa bapak sampaikan. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Assalamu'alaikum wr.wb.

----------------------------------------------------
Kembali kehalaman sebelumnya klik disini .
----------------------------------------------------

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar