Beli Buku Sekarang---Daftar Isi---Gabung Di FB---Judul Pidato---Tips Pidato Memukau---Pidato Gratis
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Inilah Pidato Upacara yang Berdaya Gugah?Klik sekarang disini
---------------------------------------------------------

Sekarang Bantu Seorang Teman Dapatkan Pidato Terbaru, Tulis Email Anda Disini!

Sabtu, 02 Juli 2011

Semua Punya Kecerdasan, Tidak Ada Anak Bodoh

Judul pidato : Semua Punya Kecerdasan, Tidak Ada Anak Bodoh
Tema pidato : Motivasi
Pelaku pidato : Bapak guru

Assalamua’alaikum Wr. Wb

Bapak Kepala Sekolah yang kami hormati
Bapak dan Ibu Guru yang kami hormati
Serta anak-anakku sekalian seluruh siswa SMA Negeri 1 Cikarang Utara yang bapak cintai

Marilah kita panjatkan puji syukur Kepada ALLAH SWT, dimana kita hari ini diberi kesehatan, keselamatan, kenikmatan sehingga di pagi hari yang cerah ini kita semua bisa mengadakan Upacara Bendera dengan Lancar tanpa halangan suatu apapun.

Shalawat dan salam kita curahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW. nabi akhir zaman.

Anak-anaku sekalian yang Bapak Banggakan
Salah satu di antara teman kalian mugkin ada yang merasa bahwa dirinya tidak pandai sehingga susah sekali untuk mendapatk rangking di sekolah. Akibatnya ia menjadi kurang percaya diri untuk berusaha mencapai prestasi yang sebenarnya sangat di inginkan. Benarkah ada anak yang pandai dan ada anak yang bodoh?

Penelitan modern saat ini menemukan kesimpulan bahwa tidak ada anak yang bodoh, yang ada adalah kecerdasan yang berbeda-beda. Jadi setiap masing-masing dari kalian memiliki kecerdasan hanya saja mungkin berbeda satu dengan yang lainnya. Masing-masing dari kalian memiliki kecerdasan tertentu yang lebih menonjol di banding yang lain.

Kecerdasan itu berbeda-beda. Lihatlah sekarang. Maradona cerdas dalam mengolah bola dan menjadi terkenal di dunia dengan bermain bola, kecerdasan ini disebut kecerdasan kinestetik, atau kecerdasan gerak. Penari juga bisa masuk kedalam kategori ini.

Slank sangat pintar bermain musik. Krisdayanti, Anang, Rosa, fasha, dan penyanyi lainnya masuk kedalam kategori punya kecerdasan musik.

B.J Habibie sangat pintar intelektualnya, ia memiliki IQ sangat tinggi, sehingga nilai-nilai raportnya selalu paling bagus. Ia sangat pintar ilmu eksak dan mampu merancang pesawat terbang.

J.K Rowling sanat pintar menulis buku sehingga melahirkan karya fenomenal berupa kisha Harry Fotter. Begitupun para penyair ia masuk kedalam kategori kecerdasan ini. Kecerdasan ini si sebut kecerdasan linguistik.

Lihatlah, masing-masing punya keunggulan berbeda, mereka masing-masing memiliki keunikan tersendiri. J.K Rowling pandai menulis buku tapi belum tentu pandai bermain bola atau main musik. Slank pandai bermain musik tapi belum tentu bisa menulis sehebat J.K Rowling dan bermai bola sehebat maradona. Begitupun yang lainnya.

Kalian pun bisa mengamati yang lebih dekat yaitu teman kalian di seklah ini. Si A jarang masuk rangking sepuluh besar tapi ia pandai memainkan alat musik atau merdu sekali saat bernyanyi. Si B pintar sekali di kelas sehingga selalu masuk rangking sepuluh besar tetapi belum tentu ia pandai bermain musik atau sepak bola.

Sekarang mungkin kalian mengerti maksudnya. Semua cerdas, semua pandai, hanya saja pintar-pintarnya kalian merasakan dimana letak kepandaian kalian dan disitulah kalian harus kembangkan.

Anak-anaku sekalian yang Bapak cintai
Jadi sekarang kalian sudah mulai memahami bahwa pintar dan pandai bisa diraih kalian semua. Ini tentu bergantung dari usaha kalian itu sendiri. Sebenarnya dalam meraih segala sesuatu kita semua tinggal membiasakan diri pada hal yang kita inginkan. Contoh seperti belajar.

Kenapa yang rajin belajar dan yang tidak rajin belajar berbeda hasilnya ?
Karena bagi mereka yang rajin belajar sudah terbiasa membaca, mengerjakan soal dan lainnya. Berbeda dengan yang tidak belajar, mereka sudah pasti bingung karena tidak pernah mempelajari atau tidak pernah membaca.

Jadi pada dasarnya tidak ada anak bodoh, yang ada adalah mereka belum belajar, baik belajar di rumah dan belajar dengan baik disekolah. Cara belajar yang baik adalah Mengulang-ulang pelajaran tersebut kalau masih belum bisa ulang lagi sampai bisa.

Disamping rajin belajar juga harus mengucapkan kata-kata yang positip seperti
  • saya pasti bisa mengerjakan soal ini,
  • Saya suka pelajaran Matematika
  • Saya hari ini sangat semangat
Melakukan kegiatan positif juga membuat kita lebih mudah menerima ilmu seperti membantu teman, membuang sampah pada tempatnya dan lainnya

Oleh sebab itu perbanyaklah berbuat hal yang positif agar kalian semua menjadi anak yang soleh, bisa menerima pelajaran dengan baik dan mendapatkan ilmu sehingga bermanfaat bagi kehidupan selamanya.

Semoga kalian sekarang mulai yakin ternyata kalian semuanya cerdas. Dan semoga kecerdasan kalian bisa dikembangkan secara maksimal. Jadikanlah oleh kalian sekolah ini menjadi ajang menggali dan mengembangkan keahlian kalian dengan penuh semangat.

Demikian apa yang bisa bapak sampaikan pada kesempatan ini. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar