Beli Buku Sekarang---Daftar Isi---Gabung Di FB---Judul Pidato---Tips Pidato Memukau---Pidato Gratis
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Inilah Pidato Upacara yang Berdaya Gugah?Klik sekarang disini
---------------------------------------------------------

Sekarang Bantu Seorang Teman Dapatkan Pidato Terbaru, Tulis Email Anda Disini!

Sabtu, 02 Juli 2011

Memanfaatkan Kehebatan Teknologi Internet Secara Positif

Tema pidato : Pengaruh Internet
Judul pidato : Memanfaatkan Kehebatan Teknologi Internet Secara Positif
Pelaku pidato : Guru

Assalamu'alaikum wr.wb.

Yang kami hormati bapak kepala sekolah.
Yang Kami hormati bapak/ ibu guru.
Yang kami hormati bapak/ibu staf tata usaha
Yang Bapak Cintai anak-anakku siswa SMAN 2 Cikarang Pusat

Pertama-tama kami sangat bersyukur kepada Tuhan Yang maka esa atas curahan rahmat-Nya yang diberikan kepada kita, sehingga pada kesempatan yang baik ini kita dapat berkumpul, di tempat ini, ditempat yang berbahagia ini.

Anak-anak ku yang bapak cintai..
Cermatilah periode hidup ini oleh kalian semua. Kita tahu bahwa masa muda masa yang sangat labil. Mudah dipengaruhi oleh banyak faktor, baik positif maupun negatif. Kenyataan yang memprihatinkan justru faktor negatiflah yang lebih cepat diserap oleh sebagian dari orang-orang seusia kalian. Ini tentu berakibat buruk terhadap kehidupan dimasa yang akan datang.

Jaman terus berubah, teknologi semakin canggih. Kehadiran internet sungguh luar biasa dahsyat mempengaruhi seluruh umat manusia di dunia. Dengan adanya internet ini kita semua bisa terhubung dengan seluruh manusia di dunia ini. Kita bisa berkomunikasi detik ini pula, kita bisa melihat setiap peristiwa yang terjadi di seluruh belahan dunia detik ini juga. Kecanggihan internet tidak bisa di bendung lagi.

Kehadiran internet tidak bisa kita hindari lagi. Bagi sebagian penduduk dunia hal ini sudah menjadi kebutuhan dasar. Karena itu kita tidak bisa lari dari kenyataan ini dan tetap suatu saat pun kalian akan terpaksa menggunakan internet. Kecuali kalian ingin ketinggalan jaman.

Sayangnya tidak hanya dampak positifnya saja yang muncul, dampak sebaliknya juga hadir. Banyak sekali dampak-dampak negatif yang akan muncul akibat penggunaan internet tidak selektif. Di Internet ada facebook, ada film-film gratis yang bisa dilihat, dan juga berbagai macam jenis informasi dan sajian ada di sana. Bukan hanya sajian atau fasilitas yang menyajikan hal-hal positif, melainkan hal-hal negatif juga tak kalah banyaknya.

Bapak sangat miris ketika kebetulan melihat anak perempuan berseragam sekolah, usianya masih SMP, ia bersama dua orang temannya ternyata sedang menonton film Porno. Kita juga belum lama ini di kejutkan dengan beberapa berita yang menyajikan penipuan yang bermula dengan perkenalan di facebook. Bahkan ada pernikahan yang pengantin perempuannya ternyata seorang laki-laki. Ia menyamar menjadi seorang wanita. Semua kasus tersebut sudah ditangani pihak kepolisian. Ini adalah beberapa dampak negatif dari kehadiran internet.

Anak-anak ku yang bapak banggakan.

Tentunya kalian juga akan sadar dan memahami bahwa hal-hal tadi adalah tidak baik untuk kalian lakukan.

Tadi beberapa contoh cerita negatif dari pemanfaatan internet. Coba kita sekarang lihat apa saja manfaat yang bisa kita oftimalkan dari internet ini untuk perbaikan dan kemajuan diri kalian.

Pertama, dengan internet kalian punya peluang lebih cepat bisa di kenal oleh ribuan orang di manapun berada. Ini tentu bisa kalian jadikan kenalan atau relasi. Di Interet ada facebook, dengan facebook kalian akan bisa lebih mudah mengenal dan dikenal orang. Fasilitas facebook, youtube, blog, email dan lain-lain bisa kalian manfaatkan untuk membangun jaringa atau relasi atau kenalan. Lihatah, bagaimana briptu Norman mendadak di kenal oleh seluruh masyarakat se-Indonesia bahkan dunia berkat youtube.

Kedua, Dengan adanya internet maka wawasan kalian akan lebih banyak. Bisa saja kalian lebih banyak tahu informasi di banding bapak dan guru-guru kalian semua yang ada di sekolah ini. Materi sekolah atau semua pelajaran bisa kalian perkaya dengan mencarinya di Internet.

Ketiga, Jika memang kalian juga serius saat ini mau mendapatkan uang ternyata internet juga bisa Anda manfaatkan. Banyak sekali anak-anak muda seusia kalian sudah bisa mandiri. Bahkan mereka sudah menjadi jutawan atau milyarder. Kalian bisa memeriksanya di internet, siapa saja yang sudah sukses. Bukan hanya orang luar negeri, orang Indonesia pun sudah banyak yang berhasil. Jadi, kenapa tidak, kalian juga bisa mencobanya.

Mungkin tiga ini saja yang bisa bapak sampaikan untuk menjadi renungan kalian sehingga kalian bisa mengambil sikap dan bisa selektif dalam memanfaatkan internet ini. Bapak berharap kalian tidak gagap teknologi dan segera mulai untuk mengamati dan belajar banyak sehingga internet bisa kalian optimalkan untuk membangun masa depan kalian yang gemilang.

Mohon maaf, bila ada kata-kata yang kurang berkenan. Sekian dari bapak.

Assalamu'alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar