Beli Buku Sekarang---Daftar Isi---Gabung Di FB---Judul Pidato---Tips Pidato Memukau---Pidato Gratis
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Inilah Pidato Upacara yang Berdaya Gugah?Klik sekarang disini
---------------------------------------------------------

Sekarang Bantu Seorang Teman Dapatkan Pidato Terbaru, Tulis Email Anda Disini!

Minggu, 05 Juni 2011

Menyadari Bahaya Merokok Yang Mengancam Kesehatan Tubuh

Tema pidato : Bahaya Merokok
Judul pidato : Menyadari Bahaya Merokok Yang Mengancam Kesehatan Tubuh
Pelaku pidato : Bapak guru

Assalamu Alaikum wr.Wb

Yang Kami Hormati Bapak dan Ibu Guru
Yang Bapak Banggakan Anak-anaku Seluruh Siswa SMA Negeri 5 Karawang


Tiada kata yang pantas untuk diucapkan kecuali memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rohmat, taufiq, dan hidayahnya kepada kita sekalian. Sehingga kita masih dapat menikmati anugrah terindahnya berupa kesehatan serta oksigen yang kita hirup tanpa harus membayar sepeserpun.

Solawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi
besar kita Muhammad SAW yang telah menunjukkan kita dari jalan yang gelap gulita menuju jalan yang terang benderang.

Setiap tanggal 31 Mei diperingati sebagai Hari Anti Tembakau Sedunia. Semoga kita semua yang hadir disini sudah memahami betapa bahayanya efek rokok bagi kesehatan.

Di Negara kita peraturan tentang undang-undang pengaturan rokok atau pelarangan merokok sepeti mandul dan tidak berdaya sepertinya hanya menjadi peraturan pemasin saja.

Kita lihat dinegara lain yang justru Negara bebas. Di negara bagian New York di
Amerika Serikat diberlakukan undang-undang pengaturan merokok dan sangsinya yang berat.

Semua orang tanpa terkecuali tidak boleh lagi merokok di restoran-restoran dan bar-bar yang tersebar di seluruh wilayah negara bagian ini.

Larangan merokok di tempat-tempat umum lainnya seperti perkantoran, mall, dan lain-lain sudah diberlakukan terlebih dahulu. Bisnis rumah makan atau bar yang ketahuan tidak melaksanakan peraturan baru ini dikenakan denda US $ 2,000. Bukan denda yang kecil.

Peraturan keras yang melarang orang merokok di kedua jenis tempat tersebut pada awalnya diberlakukan hanya di kota New York. Empat bulan kemudian, peraturan ini berlaku untuk seluruh negara bagian New York.

Sepatutnya kita belajar dari mereka mengingat rokok begitu berbahaya buat kesehatan.

Para Hadirin Sekalian yang saya banggakan,
Kita segarkan kembali pemahaman kita bahwa rokok, sebagaimana hasil penelitian atau laboratorium, adalah benda beracun yang memberi efek santai dan sugesti merasa lebih jantan.

Di balik kegunaan atau manfaat rokok yang secuil itu terkandung bahaya yang sangat besar bagi orang yang merokok maupun orang di sekitar perokok yang bukan perokok.

Ada apa dibalik rokok yang dihidap oleh orang-orang. Setidaknya ada enam hal yang mungkin bisa kita amati.

1. Asap rokok mengandung kurang lebih 4000 bahan kimia yang 200 diantaranya beracun dan 43 jenis lainnya dapat menyebabkan kanker bagi tubuh. Beberapa zat yang sangat berbahaya yaitu tar, nikotin, karbon monoksida, dsb.

2. Asap rokok yang baru mati di asbak mengandung tiga kali lipat bahan pemicu kanker di udara dan 50 kali mengandung bahan pengeiritasi mata dan pernapasan. Semakin pendek rokok semakin tinggi kadar racun yang siap melayang ke udara. Suatu tempat yang dipenuhi polusi asap rokok adalah tempat yang lebih berbahaya daripada polusi di jalanan raya yang macet.

3. Seseorang yang mencoba merokok biasanya akan ketagihan karena rokok bersifat candu yang sulit dilepaskan dalam kondisi apapun. Seorang perokok berat akan memilih merokok daripada makan jika uang yang dimilikinya terbatas.

4. Harga rokok yang mahal akan sangat memberatkan orang yang tergolong miskin, sehingga dana kesejahteraan dan kesehatan keluarganya sering dialihkan untuk membeli rokok. Rokok dengan merk terkenal biasanya dimiliki oleh perusahaan rokok asing yang berasal dari luar negeri, sehingga uang yang dibelanjakan perokok sebagaian akan lari ke luar negeri yang mengurangi devisa negara. Pabrik rokok yangmempekerjakan banyak buruh tidak akan mampu meningkatkan taraf hidup pegawainya, sehingga apabila pabrik rokok ditutup para buruh dapat dipekerjakan di tempat usaha lain yang lebih kreatif dan mendatangkan devisa.

5. Sebagian perokok biasanya akan mengajak orang lain yang belum merokok untuk merokok agar merasakan penderitaan yang sama dengannya, yaitu terjebak dalam ketagihan asap rokok yang jahat. Sebagian perokok juga ada yang secara sengaja merokok di tempat umum agar asap rokok yang dihembuskan dapat terhirup orang lain, sehingga orang lain akan terkena penyakit kanker.

6. Kegiatan yang merusak tubuh adalah perbuatan dosa, sehingga rokok dapat dikategorikan sebagai benda atau barang haram yang harus dihindari dan dijauhi sejauh mungkin. Ulama atau ahli agama yang merokok mungkin akan memiliki persepsi yang berbeda dalam hal ini.

Semoga apa yang telah saya sampaikan dapat direnungkan bersama sehingga dampak berbahaya dari rokok tidak menyerang diri kita. Jangan sampai kita menyesal sebelum terlambat.

Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.
Assalamu alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar