Beli Buku Sekarang---Daftar Isi---Gabung Di FB---Judul Pidato---Tips Pidato Memukau---Pidato Gratis
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Inilah Pidato Upacara yang Berdaya Gugah?Klik sekarang disini
---------------------------------------------------------

Sekarang Bantu Seorang Teman Dapatkan Pidato Terbaru, Tulis Email Anda Disini!

Kamis, 16 Juni 2011

Langkah Meningkatkan Harga Diri Agar Tidak Diremehkan

Tema Pidato : Pengembangan Diri | Motivasi
Judul pidato : Langkah Meningkatkan Harga Diri Agar Tidak Diremehkan
Pelaku pidato : Bapak Guru

Assalamu Alaikum wr. wb.

Segala puji bagi Allah yang menguasai seluruh alam. Sholawat dan salam semoga tetap dicurahkan kepada penghulu semua utusan, penghulu dan pimpinan kita, Nabi Muhammad Saw. , kepada keluarga, sahabat dan umatnya hingga akhir jaman.

Ibu dan bapak guru yang kami hormati
Seluruh anak-anak ku siswa SMA Negeri 25 Garut yang bapak sayangi

Kalian mungkin memahami dan mengerti betapa pentingnya harga diri bagi diri kalian sendiri. Setiap orang tentu sangat menjaga harga dirinya dan tidak rela siapa pun meremehkan dan merendahkan dirinya.

Kalian mungkin sebelumnya sudah mengetehui bahwa harga diri adalah penilaian individu terhadap kehormatan diri, melalui sikap terhadap dirinya sendiri yang sifatnya implisit dan tidak diverbalisasikan dan menggambarkan sejauh mana individu tersebut menilai dirinya sebagai orang yang memiliki kemampuan, keberartian, berharga, dan kompeten.

Begitu sangat pentingnya harga diri untuk selalu ditingkatkan untuk dapat mencapai hidup yang memiliki derajat dan martabat yang tinggi. Berawal dari diri sendirilah harga diri akan tumbuh.

Mulai dari diri sendiri
Mulai dari hal kecil
Mulai dari saat ini

Snak-anakku semua yang bapak banggakan

Ada beberapa langkah untuk menumbuhkan dan meningkatkan harga diri dan ini bisa kalian terapkan mulai dari saat ini :

Pertama, Belajar untuk selalu menghargai diri sendiri. walaupun terkadang orang lain memandang diri anda rendah tapi tetapkan keyakinan anda bahwa andalah yang berhak atas hidup anda dan anda yang paling mengerti diri anda.

Kedua, Belajar untuk menyukai diri sendiri. Menyukai diri sendiri berarti menerima diri apa adanya. dan belajar untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Lihat sisi positif dari diri anda, adn yang paling penting adalah bersyukur untuk segala yang kita miliki.

Ketiga, Miliki gambar diri yang positif. hal ini berhubungan dengan penerimaan diri. gambar diri adalah cara pandang anda terhadap diri anda. yakinkan diri anda kalau anda layak untuk berhasil, anda pantas untuk dicintai dan dihargai, anda adalah pribadi yang special. Ingatlah bahwa gambar diri anda mmpengaruhi perilaku anda.

Keempat, Lakukan apa yang anda anggap penting. walaupun anda merasa anda tidak mampu karena anda malu dan takut, paksakan diri anda untuk melalui proses itu. percayalah bahwa ternyata diri anda mampu untuk melakukannya. yang perlu diingat adalah semakin kita paksakan untuk melalu proses yang tidak enak, semakin anda memperluas daerah teritori kenyamanan anda.

Kelima, Belajar untuk hidup mandiri, tidak tergantung dengan orang lain, sehingga anda tidak rentan terhadap penolakan.

Keenam, Jangan menghubungkan harga diri anda dengan kegagalan atau kesalahan yang anda lakukan. tanamkan pada diri anda untuk tidak menyerah pada keadaan.

Ketujuh, Miliki konsep diri yang benar tentang harga diri, bahwa harga diri berasal dari dalam bukan dari luar diri kita. bukan terletak pada materi yang kita peroleh, kesuksesan yang kita peroleh karena materi dan kesuksesan hanya menumbuhkan harga diri semu dan tidak dapat bertahan selamanya.

Kedelapan, Hargai diri sendiri, jangan tolak pujian sederhana yang dikatakan orang mengenai kita. terima itu dan berpikir lebih maju lagi. hati-hati bila ada kata-kata dibeak anda seperti “aku memang bodoh”, ” aku memang gak bisa”, “alah ini cuma mimpi , gak mungkin jadi nyata”. kata2 beracun ini akan merusak harga diri anda yang anda bangun perlahan-lahan.

Inilah yang bisa kalian terapkan untuk menjadikan harga diri kalian makin meningkat. Jaga harga diri kalian dan tingkatkanlah dengan cara mempraktekkan delapan resep yang bapak coba sampaikan tadi.

Semoga uraian ini bermanfaat bagi kita semua dan bagi kalian semua sebagai anak-anak bapak. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Wassalamu 'alaikum wr.wb.

1 komentar:

  1. Wassalamualaikum wr.wb Terimakasihku atas ilmu yang sudah diberikan secara rinci. Sungguh ini ilmu yang sangat sukar dilakukan. Karena saya mengalami depresi ketika kesabaran sudah habis karena diremehkan oleh teman ataupun saudara sendiri.

    Pertanyaan yang apabila berkenan untuk dijawab oleh bapak guru, apakah Saya boleh membanggakan prestasi dalam hal tidak ketergantungan dengan orang tua (mandiri) membiayai kuliah, balas Budi orang tua dengan pemberian barang/materi thd temen atau saudara?

    Wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus