Beli Buku Sekarang---Daftar Isi---Gabung Di FB---Judul Pidato---Tips Pidato Memukau---Pidato Gratis
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Inilah Pidato Upacara yang Berdaya Gugah?Klik sekarang disini
---------------------------------------------------------

Sekarang Bantu Seorang Teman Dapatkan Pidato Terbaru, Tulis Email Anda Disini!

Kamis, 16 Juni 2011

Kiat Memilih Wakil Rakyat Yang Amanah dan Bertanggung jawab

Tema pidato : Politik
Judul pidato : Kiat Memilih Wakil Rakyat Yang Amanah dan Bertanggung jawab
Pelaku pidato : Guru

Assalamu Alaikum wr.Wb
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rohmat, taufiq, dan hidayahnya kepada kita sekalian.

Solawat serta salam mudah-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi
besar kita Muhammad SAW yang telah menunjukkan kita dari jalan yang gelap gulita menuju jalan yang terang benderang.

Bapak Kepala Sekolah yang kami hormati
Bapak-ibu guru yang kami hormati
Anak-anakku sekalian yang bapak banggakan

Sebentar lagi, kita semua bangsa Indonesia akan menggelar hajatan demokrasi lima tahunan atau yang popular dengan sebutan Pemihan Umum untuk memilih para wakil rakyat yang akan duduk di lembaga DPR, DPRD, dan DPD. Setelah itu kita pun akan melangkah ke tahap pemilihan kepemimpinan nasional.

Berbagai iklan politik di berbagai media hampir tiap saat dimuat merayu kita untuk mau memilihnya. Sayangnya, kita seringkali dihadapkan pada kenyataan akan miskinnya informasi dan referensi tentang figur-figur calon wakil rakyat tersebut. Alhasil, kita pun bingung, akhirnya punya sikap antara memilih dan tidak memilih.

Bapak-bapak, Ibu-ibu dan para hadirin semua yang saya banggakan,
Sekali salah dalam memilih wakil kita maka 5 tahun kita menjadi korban. Bisa jadi ketika berkampanye mereka begitu manis mengumbar janji namun setelah jadi lupa segala yang diomongkannya. Bahkan kepada tim suksesnya pun lupa. Sungguh tidak tahu balas budi. Ia hanya mementingkan perut dan keperluannya sendiri. Karenanya jangan sampai kita salah memilih wakil kita nanti.

Nah, agar tidak terjebak dalam lingkaran salah pilih kandidat , berikut ini ada yang mungkin dapat menjadi solusi untuk memilih para wakil rakyat, yang insya Allah, akan membawa kita pada kemantapan pada pilihan.

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk memilih wakil kita jangan sampai salah keputusan, antara lain :

1 • Riset dan selidiki track record caleg pilihan Anda. Cek di internet, apa saja yang sudah ia katakan, lakukan, latar belakang pribadi, pendidikan, prestasinya, atau afiliasi kelompok atau politiknya. Kalau sudah terkenal biasanya ia punya website/blog pribadi, sehingga kita akan mudah mendapatkan data dan informasi yang cukup tentang caleg itu.

2 • Tapi kalau ia tidak pernah atau jarang bersentuhan dengan dunia media, baik cetak, elektronik, maupun internet, lakukan secara offline. Memang butuh waktu ekstra, misalnya dengan bertanya kepada tetangga yang tinggal di sekitar rumahnya, teman-temen sekolahnya, koleganya, atau bahkan pesaing-pesaingnya.

3 • Kalau ada kesempatan, ajak si caleg berdiskusi secara langsung. Mulailah dari tema tema yang menjadi concern-nya (Dapat Anda lihat dari poster, spanduk, dan atribut kampanyenya yang lain—yang seringkali hanya slogan tanpa konsep), hingga berkaitandengan isu-isu yang menjadi kepentingan Anda sendiri. Misalnya, soal perekonomian dan kesejahteraan umat, harga BBM dan lain-lain.

4 • Pastikan juga dalam proses di atas, apakah ia orang yang FAST (fathanah, amanah, shiddiq, tabligh), atau tidak, dan lain-lain. Gagasan dari caleg yang layak pilih adalah gagasan yang rasional dan mencerdaskan, mendewasakan, dan dapat dipertanggungjawabkan. Ia tidak menawarkan pembagian uang, tidak merendahkanmartabat orang lain dengan black campaign, serta tidak memberi janji surga yangmengecewakan di kemudian hari. Setelah itu, simpulkan dari situ apakah ia layak pilih atau tidak.

5 • Setelah cukup yakin dengan pilihan Anda, lebih jauh lakukan “kontrak politik”dengan caleg pilihan Anda. Buat komitmen permanen, untuk jangka pendek maupunjangka panjang. Bentuknya bisa berbentuk lisan maupun tertulis, bersama-sama atausendiri. Isinya bisa apa saja, apakah berupa janji kalau ia terpilih menjadi wakil rakyat, ia akan memperjuangkan kepentingan dan kesejahteraan umat/rakyat. Dan lain–lain.

6 • Meski proses kampanye sudah berlangsung, tidak ada kata terlambat untuk mencari tahu. Buatlah daftar para caleg yang ada di tempat Anda. Segera lakukan tips di atas. Semakin banyak Anda tahu dan mengumpulkan informasi yang akurat dan lengkap tentang para caleg itu, maka itu semakin baik untuk penentuan caleg pilihan Anda.

Semoga apa yang saya uraikan tadi dapat bermanfaat untuk kita semua. Dan semoga kita diberikan wakil-wakil rakyat yang amanah, bertanggung jawab, punya nurani dan berpihak kepada kebenaran. Mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang berkenan.

Assalamu alaikum wr. wb.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar