Kamis, 02 Juni 2011

9 Cara Perawatan Sepatu Dari Para Pakar Internasional

Ingin sepatu Anda tampak selalu baru dan tahan selama bertahun-tahun?

Dua pakar sepatu internasional: Jim McFarland, juru bicara dari Shoe Service Institute dan pemilik McFarland's Shoe Repair di Lakeland, Florida, serta Joe Rocco, pemilik Jim's Shoe Repair di New York, memberikan saran terbaik mereka untuk perlindungan bagi sepatu Anda. Simak baik-baik ya....

1. Lindungi sol sepatu
Semakin lama dipakai, sol sepatu bisa menjadi aus. McFarland menyarankan agar sol dilapisi dengan lem khusus untuk sepatu agar tidak mudah terpeleset dan sepatu bisa bertahan lama 6 tahun.

2. Ganti sol sepatu
Sol sepatu adalah bagian yang paling cepat rata. "Jika sol Anda ada yang terbuat dari plastik, ada baiknya jika diganti dengan sol berbahan karet yang tebal, sehingga sepatu Anda dapat bertahan 5 sampai 10 kali lebih lama dari yang berbahan plastik", jelas McFarland.

3. Hindari dari air hujan
Setelah membeli sepatu baru, apapun bahannya, semprotkan cairan pelindung untuk sepatu, agar air atau cairan lainnya tidak mudah menyerap ke sepatu. Sebaiknya semprot sepatu 4 kali setahun. Selain itu, jika sepatu kulit Anda basah karena hujan, biarkan di dalam ruangan terbuka. Dan, jangan dikeringkan dengan hair-dryer karena akan membuat sepatu mengisut.

4. Bersihkan noda
Bersihkan sepatu secepatnya ketika terkena noda. Sepatu berbahan suede baiknya dilap dengan sarung tangan berbahan handuk. Jika noda sulit hilang, gosok sebentar dengan sikat. Jika sepatu kulit yang terkena noda, maka cepat dilap dengan kain basah.

5. Jangan sampai mengerut
"Ketika basah, sepatu cenderung mengerut," kata Rocco. Untuk menjaga bentuk sepatu, pasang boot tree, yang berbentuk seperti kaki palsu, atau masukkan buntalan kertas di dalam sepatu.

6. Semir sepatu hingga mengilat
Jika warna sepatu terlihat kusam, semirlah sepatu Anda agar terlihat lebih kinclong. Sepatu kulit tua dapat dirawat dengan mengoleskan minyak pada seluruh bagian, agar sepatu tidak kaku lagi. Semir dengan warna gelap berfungsi untuk mengkilatkan sepatu kulit. Sedangkan semir dengan warna yang lebih terang, dapat menutupi kerutan pada sepatu.

7. Simpan dengan benar
Simpan sepatu di ruangan bersuhu normal. Ruangan yang terlalu panas bisa membuat sepatu mengerut. Jika sepatu basah, jangan sampai disimpan di kotaknya. Hal ini dapat menyebabkan sepatu bau dan berjamur.

8. Ganti sepatu
Tidak hanya orang yang butuh istirahat, tapi sepatu juga. Ada baiknya untuk memakai sepatu yang sama hanya 2 atau 3 kali seminggu. Sepatu akan lebih tahan lama jika tidak terlalu sering dipakai.

9. Bungkus sepatu
Cara terbaik melindungi sepatu dari debu dan kotoran adalah dengan meletakkannya pada ruang khusus sepatu dan dimasukkan ke dalam kotak sepatu berbahan katun. Kantong plastik dapat membuat sepatu kaku. Cara lainnya yaitu tata di rak sepatu dan beri jarak pada setiap pasangnya, karena dapat merusak kulit sepatu apabila terlalu berdekatan. (KapanLagi.com-Agit Diyanita)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar