Beli Buku Sekarang---Daftar Isi---Gabung Di FB---Judul Pidato---Tips Pidato Memukau---Pidato Gratis
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Inilah Pidato Upacara yang Berdaya Gugah?Klik sekarang disini
---------------------------------------------------------

Sekarang Bantu Seorang Teman Dapatkan Pidato Terbaru, Tulis Email Anda Disini!

Selasa, 24 Mei 2011

Memaknai Upacara Bendera Memelihara Nilai-nilai Nasionalisme dan Patriotisme

Tema pidato : Kegiatan Upacara Bendera
Dengan judul : Memaknai Upacara Bendera Memelihara nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme

Assalamulaikum warahmatullahi wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah.
Yang terhormat Ibu dan Bapak Guru serta Staf Tata Usaha dan Perpustakaan.
Anak-anakku sekalian Siswa SMAN 7 Bogor yang Bapak sayangi dan banggakan.

Marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena dengan rahmatnya kita bisa berkumpul ditempat dan waktu yang baik ini.

Shalawat dan salam kita curahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, para pengikutnya yang shaleh dan shalehah hingga akhir zaman.

Tidak lupa kita panjatkan doa kepada kedua orangtua kita, ampunilah segala dosa mereka dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi kita semasa kecil. Juga kepada para guru yang telah memberikan ilmu yang banyak sehingga kita bisa berusaha untuk menjadi orang-orang yang beriman, berilmu, berakhlak mulia dan bertakwa . Mudah-mudahan kasih sayang dan ilmu yang mereka berikan menjadi ilmu yang bermanfaat. Tanpa mereka kita bukan apa-apa…Amin.

Anak-anakku sekalian yang Bapak sayangi,
Setiap hari senin kita senantiasa melakukan upacara bendera. Sudah pasti bukan hanya pada saat sekarang saja ketika kalian duduk di bangku SMA. Melainkan kalian sudah melakukan upacara bendera sejak kalian masih duduk di bangku sekolah dasar.

Mungkin diantara kalian ada yang belum tahu dan sebenarnya ingin mengutarakan sebuah pertanyaan, apakah upacara bendera itu?

Dan mungkin pula diantara kalian sudah ada yang tahu jawabannya, yaitu segala tindakan atau gerakan yang dirangkaikan serta ditata dengan tertib dan disiplin dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan memimpin serta membiasakan kesedian dipimpin dan membina kekompakan serta kerja sama dan yang paling penting adalah untuk mengenang jasa para pendiri negara. Inilah maksud dari dilaksanakannya upacara bendera ini.

Kalau ada yang bertanya lagi, apakah makna upacara bendera sampai kalian harus berpanas-panasan? Mungkin juga diantara kalian sudah tahu jawabannya, yaitu tetap memelihara nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme.

Anak-anakku sekalian yang Bapak banggakan,
Tetapi pertanyaan yang paling besar yang perlu kalian pertanyakan adalah,
Apakah kalian sudah menjadi orang yang tertib?
Apakah kalian sudah bisa menjaga amanah untuk menjadi seorang pemimpin?
Apakah kalian sudah bersedia dipimpin untuk menjaga kekompakan dan kerja sama?
Apakah kalian selalu mengingat bahwa apa yang sudah kalian dapatkan sampai hari ini adalah hasil jerih payah dan jasa para pahlawan dan tetap menjaga nilai-nilai nasionalisme dan patriotisme?

Mungkin diantara kalian ada yang masih malu-malu untuk mengakui diri bahwa diri kalian masih belum mejadi orang sebagaimana yang ada pada pertanyaan tadi.

Karenanya, Bapak sangat memberikan sebuah pengharapan besar kepada kalian semua untuk dapat memulainya dari sekarang. Kalian belajar lebih tertib, mentaati segala peraturan yang berlaku dalam keluarga, sekolah, lingkungan maupun agama.

Kemudian kalian belajar lebih disiplin, sholat pada waktunya, mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, juga yang tak boleh disepelekan adalah membuang sampah pada tempatnya.

Cobalah kalian siapkan diri untuk belajar menjadi pemimpin, minimal pemimpin untuk dirinya sendiri menjadi anak yang lebih baik dan siap dipimpin dengan menjaga kekompakan dan kerja sama.

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dan mengisi kemerdekaan dengan hal-hal baik.

Jika dalam lubuh hati kalian belum merasa bangga terhadap negeri ini maka berati belum peka dan belum benar-benar mengetahui bagaimana perjuangan para pahlawan mengorbankan pikiran, jiwa dan raganya untuk negeri ini. Mereka tidak menikmati hasilnya melainkan diri kita saat ini. Maka perasaan bangga kepada negeri sendiri adalah suatu keharusan.

Salah satu contoh sederhananya adalah kita menjaga kelestarian budaya kita, belajar dan berkarya sungguh-sungguh untuk meraih prestasi sehingga kita bisa mengharumkan bangsa kita dimata dunia.

Inilah beberapa makna yang bisa kita ambil dari upacara bendera yang selalu kita lakukan ini. Upacara bendera bukan tanpa arti, bukan hanya sebatas berdiri berlama-lama kepanasan tanpa makna. Ia memberikan sebuah spirit, mengandung makna yang sangat dalam mengnai semangat tanpa henti dan tanpa pamrih para pahlawan. Dan semua ini selayaknya menjadi pemicu tumbuhnya semangat kita dalam memperbaiki diri agar bisa bermanfaat buat negeri ini.

Semoga apa yang bapak sampaikan membawa perubahan untuk diri kita semua. Terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar