Sabtu, 16 Juli 2011

Inilah!!!Mobil Terbang Canggih Buatan Amerika

Mobil Terbang Resmi Meluncur di Amerika - Keberadaan mobil terbang sepertinya bukan cuma ada dalam film. Buktinya semenjak tahun 2006 lalu di Amerika Serikat sudah diciptakan mobil terbang atau transition roadable aircraft (TRA), yaitu kendaraan yang bisa berjalan pada dua alam, yaitu darat dan udara.



Meski sudah ada semenjak 5 tahun silam. Namun keberadaan mobil terbang ini baru mendapatkan izin kelayakan dan keselamatan baru-baru ini. Dalam izin itu disebutkan, Terrafugia mendapat beberapa keringanan khusus dengan berbagai pertimbangan. Misalnya, TRA boleh menggunakan jenis ban yang lebih berat dari bobot normal. Lalu, khusus kaca harus dilapisi untuk keselamatan kala terjadi tabrakan atau ditabrak burung. Namun, pada TRA menggunakan bahan polikarbonat (plastik).

Adanya pengecualian, menurut NHTSA kepada insidelane, karena mobil terbang itu masih dalam lingkup kepentingan umum dan konsistensi menjaga keselamatan lalu lintas.
Sekalipun bisa terbang, TRA harus mengikuti prosedur layaknya pesawat terbang, yakni jika ingin tinggal landas harus dari bandara.



Dari segi performa, TRA diklaim bisa terbang sejauh 700 kilometer dengan kecepatan 175 km/jam. Saat di jalanan, mobil ini bisa dipacu dengan kecepatan 110 km/jam. Ia bisa parkir layaknya mobil biasa. Selain itu, TRA memiliki kemampuan melipat sayap hanya dalam waktu 30 detik, ibarat sebuah mobil konvertibel. (karodalnet.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar