Beli Buku Sekarang---Daftar Isi---Gabung Di FB---Judul Pidato---Tips Pidato Memukau---Pidato Gratis
-------------------------------------------------------------------------------------------------------
Inilah Pidato Upacara yang Berdaya Gugah?Klik sekarang disini
---------------------------------------------------------

Sekarang Bantu Seorang Teman Dapatkan Pidato Terbaru, Tulis Email Anda Disini!

Kamis, 02 Juni 2011

Cara Pintar Bebas Jerawat

JERAWAT seringkali muncul di area kulit yang paling banyak memiliki kelenjar minyak, seperti wajah, leher, dada, punggung dan bahu. Sebagian besar orang, khususnya remaja, rentan terserang jerawat. Akan tetapi, Anda bisa mencegah atau menghilangkan jerawat.

Untuk mendapatkan kulit cerah tanpa jerawat, berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan dan yang perlu Anda hindari:

Hindari alkohol. Hindari bahan-bahan yang bisa membuat kulit menjadi kering seperti alkohol atau obat pengelat (astringent) dan toner berbahan dasar alkohol, meskipun kulit Anda berminyak. Produk ini bisa mengikis lapisan pelembab dan pelindung alami kulit. Selain itu, produk ini juga akan membuat Anda kesulitan mentolerir obat-obat jerawat yang diresepkan.

Gunakan pelembab bebas minyak. Kulit sehat cenderung lembab. Pilihlah produk pelembab bebas minyak dengan tulisan 'noncomedogenic' di labelnya. Artinya, produk ini tidak akan menutup pori-pori atau menyebabkan jerawat. Anda mungkin ragu mengoleskan pelembab ke kulit yang cenderung terserang jerawat. Tapi, pelembab yang bagus sebenarnya membantu menenangkan kulit dan menjauhkan jerawat.

Jangan hindari makanan favorit. Pernyataan bahwa makanan berminyak dan cokelat menyebabkan jerawat hanyalah mitos semata. Jerawat disebabkan oleh kelenjar minyak kulit yang terlalu aktif. Jika makanan tertentu kelihatannya menjadi pemicu jerawat Anda, cobalah menghindarinya. Tapi, Anda tidak perlu menghindari pizza atau cokelat untuk mendapatkan kulit yang bersih.

Perbanyak asupan air. Minumlah sepanjang hari untuk memastikan kebutuhan air tubuh terpenuhi. Selain itu, konsumsilah diet sehat yang kaya buah dan sayuran serta kaya vitamin A dan E. Kedua vitamin ini baik untuk kulit. Anda bisa mendapatkan vitamin E dari sayuran hijau seperti bayam dan brokoli. Sedang vitamin A banyak terkandung dalam buah dan sayuran berwarna seperti wortel, blewa, peaches dan cabai atau paprika.

Hindari kosmetik berat. Hindari kosmetik berbahan dasar minyak. Foundation atau blush yang creamy bisa menutup pori-pori. Sedang kosmetik yang lebih ringan dan berbentuk tepung cenderung tidak menutup pori .

Gunakan foundation bebas minyak. Pastikan memilih produk ini jika Anda menggunakan makeup. Percikkan air dingin ke muka sebelum mengoleskan foundatioan. Air dingin membantu menutup pori. Dan sebelum tidur, pastikan bebaskan wajah dari makeup.

Pilihlah tabir surya (sunscreen) bebas minyak. Oleskan tabir surya bebas minyak atau pelembab dengan faktor pelindung matahari (SPF) 15 atau lebih tinggi. Produk ini menyediakan perlindungan baik dari sinar ultraviolet A (UVA) maupun ultraviolet B (UVB). Pilihkan produk dengan label noncomedogenic, sehingga tidak menutup pori. Dan oleskan setiap dua jam.

Hindari produk rambut berminyak. Produk seperti minyak rambut atau gel bisa menutup pori saat rambut menyentuh wajah. Jagalah agar rambut tetap bersih dengan menggunakan sampo bebas minyak. Jika rambut Anda berminyak, cobalah keramas setiap hari. Lapisi wajah saat Anda menggunakan spray atau gel ke rambut.

Jauhkan rambut dari wajah. Tariklah rambut panjang Anda ke belakang saat tidur. Rambut mengandung minyak yang bisa menyebabkan jerawat, bahkan saat Anda tidak menggunakan produk rambut.

Jangan sentuh wajah. Menyentuh atau mengggosok wajah akan memperburuk jerawat. Selain itu, hindari menyandarkan wajah di telapak tangan Anda. Di samping itu, cobalah menjauhkan ponsel Anda dari wajah. Tangan dan ponsel kemungkinan membawa minyak dan kuman-kuman yang bisa mengiritasi jerawat.

Oleskan krim dengan kuas (applicator). Gunakan cotton balls atau aplikator saat mengoleskan krim atau makeup ke kulit Anda. Jika menggunakan tangan, pastikan hanya menggunakan ujung jari. Tangan membawa minyak dan kuman yang bisa memperburuk jerawat.

Hindari cuci muka berlebih. Kulit kotor tidak memicu jerawat. Mencuci muka terlalu sering dan kuat justru bisa mengiritasi kulit dan memperparah jerawat. Cobalah mencuci wajah dua kali sehari dengan sabun ringan dan air hangat.

Pilih sabun bebas minyak. Sabun jenis ini tidak akan menutup pori dan memicu jerawat. Pastikan membaca label dan menemukan tulisan 'bebas minyak' sebelum membeli.

Jangan menekan jerawat. Menekan jerawat justru akan memicu masalah tambahan. Cobalah menahan godaan tersebut. Proses menekan ini akan menunda pemulihan dan meningkatkan risiko bekas luka. Selain itu, menekan jerawat juga bisa menekan material yang terinfeksi ke kulit, sehingga memicu peradangan tambahan.

Gunakan obat jerawat sesuai anjuran. Obat jerawat tidak bekerja dalam semalam. Sebagian besar pengobatan memerlukan waktu hingga delapan minggu sebelum Anda bisa melihat perbaikan. Biasanya memerlukan waktu enam bulan untuk menghilangkan seluruh jerawat. Karena itu, pastikan bersabar dan menggunakan obat sesuai anjuran dokter. (rizqipato.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar